Sagu Dicanangkan Menjadi Makanan Pokok?

oleh -23 Dilihat
oleh
pohon sagu. foto / ilustrasi (sumber poto/net)
pohon sagu. foto / ilustrasi (sumber poto/net)
pohon sagu. (sumber poto/net)

LINGGA,potretkepri.com-Dinas pertanian dan kehutanan (Distanhut) Kabupaten Lingga,ditahun 2015 ini mencanangkan program pusat pembibitan tanaman terdiri dari jenis sahang, karet dan sagu (SSK).selain luas lahan yang masih mendukung,potensi tanah untuk jenis tanaman tersebut sangat menjajikan.

 

ia mengatakan.petani yang memiliki lahan untuk bercocok tanam jenis tanaman tersebut akan mendapat bantuan,dan selama tahun 2015 ini program tersebut akan terus berkenlanjutan.”yang memiliki lahan bisa kita untuk mendapatkan bibit termasuk pupuk dan junjungan”ujar Rusli,kemarin.

 

Rusli mengemukan, pusat pembibitan yang akan dibangun, bertujuan untuk dapat menampung segala kendala pertanian dari desa-desa yang tersebar disetiap kecamatan.”Dengan adanya program ini, pemerintah dapat membantu para petani didaerah ini”ucapnya.

 

Setelah membantu 100 hektar pembersihan lahan sagu bagi masyarakat, Distanhut akan memperluas wilayah pertanian sagu didaerah ini.”provinsi Kepulauan Riau pada 2016 mendatang, canangkan sagu menjadi makanan pokok”sambungnya.

 

Bahkan kata Rusli, pihaknya akan mencari celah menyedot dana provinsi maupun pusat untuk perogram sagu ini mengingat sagu sudah di canangkan sebagai makanan pokok “untuk ketahanan pangan,kita akan bantu petani untuk peremajaan dan mengembangkan lahan-lahan sagu di Lingga,”katanya.(edi/hms)