Masyarakat di Kabupaten Lingga Nikmati Jaringan Telkom

oleh -15 Dilihat
oleh

telkomLINGGA,potretkepri.com-Layanan telekomunikasi dan akses jaringan internet milik PT Telkom Indonesia, akan segera dapat dinikmati oleh 18 kantor SKPD Kabupaten Lingga, Media Center dan LPSE. Pasalnya, pihak telkom sudah mulai melakukan aktivasi jaringan tahap pertama tersebut sejak dua hari lalu.

 

Kepala Bidang Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lingga Said Asmarfizan,mengaku telah dihubungi pihak operator dari Telkom bahkan jaringan tinggal menunggu aktivasi untuk selanjutnya dapat dinikmati.”hanya tinggal aktifasi dari saja dan kita sudah hubungi pihak operator PT Telkom,”ujarnya.

 

Dikatakan Said, persiapan untuk aktivasi jaringan baik internet, maupun jaringan telepon sudah dipasang disetiap kantor-kantor, begitu juga instalasi jaringan internet terutama di Media Center, maupun di Layanan Pelelengan Sistem Elektronik (LPSE) di Daik Lingga.

 

Pemasangan instalasi tersebut, sambung Said, sudah dilakukan sekitar seminggu yang lalu. Hanya saja kalau tidak ada halangan, dalam beberapa hari kedepan sudah bisa aktif. “Ya kita tunggu saja. Aktifnya mungkin langsung dari provider PT Telkom pusat. Disini sudah ada Pak Karim dari PT Telkom,”ujarnya.

 

Disinggung soal biaya operasional dan dan pemeliharaan serta beban telepon dan internet kata Said Asmarfizan, sudah dibebankan kepada Kominfo dengan anggaran pertahun mencapai 1,5 M. Anggaran tersebut mengacu pada total beban pemakaian pada setiap kantor dan sudah dibahas pada APBD 2015 dan melalui APBD Kabupaten Lingga tahun 2015.

 

Serta, disebutkan Said, pemasangan jaringan telepon dan internet di Media Center, maupun di LPSE dan di setiap perkantoran yang ada di Daik Lingga, dapat terlaksana atas kerjasama Dishubkominfo bidang Kominfo dengan PT Telkom Indonesia. “Ini atas kerjasama Pemerintah Daerah dengan PT Telkom,”imbuhnya.

 

Dijelaskan Said, untuk kerjasama tersebut, Bidang Kominfo memang memyediakan anggaran untuk pemasangan instalasi ke setiap kantor-kantor yang menelan biaya hingga Rp 300 juta. Sedangkan provider dan kelengkapan jaringan disediakan oleh PT Telkom.

 

Dengan adanya jaringan PT Telkom tersebut, serta diaktifkannya jaringannya, Said Asmarfizan berharap basis layanan E-Government dapat terlaksana di Kabupaten Lingga. Meskipun pada pelaksanaannya kelak, mebutuhkan ketersediaan akses jaringan internet yang baik dan merata diseluruh wiyah kabupaten Lingga.

 

“Jaringan ini juga untuk mendukung sistem E-Government. Dan saya sudah sampaikan ke Bupati Lingga. Artinya kita siap memyongsong E-Government,”terangnya. (hms lingga/edi)