Dinas Pendidikan Diminta Awasi Penyaluran Dana BSM

oleh -15 Dilihat
oleh
potretkepri.com, foto / ist

BATAM,potretkepri.com-Orangtua SDN 006 Mangsang Permai mengaku kecewa dengan penyaluran dana Beasiswa Miskin [BSM] yang menurutnya tidak tepat sasaran.dana yang seharusnya diterima siswa miskin itu justru orang-orang kaya yang mendapatkannya sementara siswa miskin justru banyak yang tidak mendapat.

 

” ini kan tidak adil,namanya saja BSM,tetapi yang mendapatkannya justru anak-anak orang kaya yang mempunyai harta banyak dan mobil mewah” ujar salah seorang orantua siswa 006 Ibu Madi.

 

Ia mengatakan tidak semua siswa di SDN itu yang mendapat dana BSM hanya sebagian siswa saja,yaitu dari kelas 4,5 dan 6 saja.sementara kelas lainnya tidak kebagian.

 

“hanya kelas 4.5 dan 6 saja yang dapat sebesar Rp.425.000 per siswa,dan pengambilan dananya di Bank Riau dan dananya air bulan Februari mendatang”katanya ,pada Rabu [8/1] sekitar jam 8,30 WIB.

 

Meski demikian,pihak sekolah menyarankan mereka untuk mendatangi kantor DPC Partai tertentu yang beralamat di Perumahan Puri Agung Kelurahan Mangsang.

 

” kami disarankan untuk mendatangi kantor Partai PKS di Bida Ayu dan di Perumahan Puri Agung,karena katanya data-data siswa yang mendapat dana BSM itu ada dikantor Partai itu,setelah saya kesana nama anak saya tidak terdaftar” ujarnya.

 

Ibu Irfan orangtua siswa SDN 006 Mangsang Permai kepada media ini mengatakan,Guru SDN 006 Inisial PN menegaskan bahwa dana tersebut bukan berasal dari pemeritah melainkan bantuan dari Partai PKS.

 

” kata Guru di sekolah itu bahwa dana sebesar Rp.425.000 tersebut berasal dari Partai PKS,bukan bantuan dari pemerintah.karena dikatakan bantuan dari Partai maka saya tidak bersedia mengambilnya meskipun nama anak saya terdaftar sebagai penerima” katanya.

 

Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat [LSM] Forum Masyarakat Transfaransi Provinsi Kepri,Yustin Sianipar turut menyoroti hal ini.bahkan ia mengaku telah mengantongi surat undangan sosialisasi yang dibuat Partai tersebut untuk bantuan siswa miskin.

 

Untuk itu,Yustin meminta Dinas Pendidikan berperan aktif untuk mengawasi penyaluran dana BSM yang bersumber dana APBN dan APBD.

 

Hingga berita ini dibuat,Ketua DPC PKS Kecamatan Sei Beduk belum dimintai tanggapan.[am]