Pelaksanaan Musrenbang Tahun 2015

oleh -19 Dilihat
oleh

TANJUNGPINANG,potretkepri.com-Pelaksanaan Musrenbang Tahun 2015 ini merupakan Musrenbang tahun terakhir masa jabatan Drs.H. Muhammad Sani dan Dr. HM. Soerya Respationo, SH.MH selaku Gubernur dan Wakil Gubernur, dimana salah satu kewajiban kita adalah menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) pada Tahun 2016 yang merupakan tahun transisi bagi Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau karena tahun ini akan dilaksanakan PEMILUKADA serentak baik Provinsi dan juga Kabupaten atau Kota.

Sesuai dengan pedoman yang ada bahwa pada masa transisi dan kaidah pelaksanaan pembangunan yang berkesinambungan dalam rangka menyusun dokumen RKPD tahun 2016, maka beberapa dokumen perencanaan seperti RPJMN 2015-2019, RPJPD Provinsi Kepri 2005-2025 dan RPJMD 2010-2015 menjadi pedoman penyusunan RKPD dan RAPBD tahun pertama di bawah kepemimpinan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah terpilih hasil pemilihan umum kepala daerah (PEMILUKADA) pada periode 2015-2020.

Khusus untuk RPJMD 2010-2015, dalam RKPD masa transisi ini akan memuat program-prgoram pembangunan yang belum seluruhnya target sasarannya tercapai sampai dengan akhir periode RPJMD 2010-2015. Diharapkan program-program pembangunan lanjutan tersebut akan dapat terselesaikan dalam tahun pertama masa pemerintahan baru nanti

Kemudian dalam rangka pencapaian Visi daerah sebagaimana yang telah ditetapkan dalam RPJMD 2010-2015 Provinsi Kepri yaitu ”Terwujudnya Kepulauan Riau sebagai Bunda Tanah Melayu yang Sejahtera, Berakhlak Mulia dan Ramah Lingkungan”. Visi tersebut kemudian diimplementasikan ke dalam 9 (sembilan) Misi dimana masing-masing Misi tersebut memiliki Tujuan dan Sasaran yang akan dilaksanakan dalam berbagai Kebijakan, Strategi, Program dan Kegiatan.

Untuk memberikan arah dalam penyusunan perencanaan pembangunan setiap tahunnya dengan tetap mengacu kepada dokumen perencanaan diatasnya serta mempertimbangkan kemampuan keuangan daerah maka dalam penyusunan RKPD Provinsi Kepri tahun 2016 telah ditetapkan temanya yaitu “ Pengembangan Sektor Maritim, Energi, Air Bersih dan Ketersediaan Pangan serta Sumber Daya Manusia yang Berkelanjutan Dalam Rangka Peningkatan Pembangunan di Provinsi Kepulauan Riau”

Tema ini akan menjadi rujukan untuk dijabarkan ke dalam 6 (enam) prioritas pembangunan daerah tahun 2016 sebagai berikut :

1. Pengembangan industri pengolahan perikanan dan kelautan serta pariwisata secara berkelanjutan guna mendukung sektor kemaritiman.

2. Peningkatan produksi dan produktivitas pertanian, serta kemandirian dan ketahanan pangan masyarakat.

3. Peningkatan konektivitas antar wilayah dan antar pulau serta sarana dan prasarana dasar masyarakat.

4. Peningkatan kualitas lingkungan hidup & kehutanan, mitigasi bencana alam dan perubahan iklim.

5. Peningkatan kualitas sumberdaya manusia dan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan dan berbudaya.

6. Peningkatan kualitas pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan yang baik.(hms prov)