Ronald Aritonang Terancam 20 Tahun Penjara

oleh -19 Dilihat
oleh
foto ilustrasi pembunuhan.(potretkepri.com)

BATAM,potretkepri.com-Ronald Aritonang,terdakwa pembunuhan terhadap Tamba Simarmata warga Ruli Gundaling, Putri tujuh RT 4 RW 4, Batuaji,terancam penjara 20  tahun.

 

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Wawan dalam persidangan di PN Batam,yang digelar hari ini Kamis (29/1/2015)  mengatakan.terdakwa Ronald didakwa dengan pasal 338 juncto pasal 351 tentang tindak pidana pembunuhan  dengan ancaman hukuman lima belas tahun penjara dan tindak pidana pengeroyokan dengan ancaman dua tahun delapan bulan penjara.

 

Pembunuhan secara yuridis diatur dalam pasal 338 KUHP, yang mengatakan bahwa:“Barang siapa dengan sengaja menhilangkan nyawa orang lain, karena bersalah  telah melakukan “pembunuhan” dipidana dengan pidana penjara selama-lamanya lima belas tahun”.

 

Terdakwa Ronald didakwa dengan pasal 170 tentang kekerasan terhadap orang lain,dengan bunyi:Barang siapa di muka umum bersama-sama melakukan kekerasan  terhadap orang atau barang, dihukum penjara selama-lamanya lima tahun enam bulan.

 

Ketua Majelis,Hari Mariyanto,mempersilahkan terdakwa untuk berkoordinasi dengan Kuasa Hukumnya.Usai itu terdakwa Ronald melalui Kuasa Hukumnya mengatakan  akan mengajukan pembelaan (eksepsi).dengan demikian sidang pemeriksaan saksi tidak dapat dilanjutkan.

 

“terdakwa Ronald akan melakukan pembelaan (eksepsi) dan itu adalah hak mereka.sehingga pemeriksaan saksi dilanjutkan sidang pada 5 Feberuari”ujar Ketua  Majelis kepada beberapa orang saksi yang tengah duduk dipemeriksaan.(as/AMOK)