NCW Desak Kejari Periksa Kasatpol PP Batam

oleh -26 Dilihat
oleh
Gedung Kejari Batam.foto . potretkepri.com (as)

KEJAKSAAN NEGERI BATAMBATAM,potretkepri.com- Kejaksaan Negeri (Kejari) Batam, didesak untuk memanggil dan memeriksa Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kota Batam ,Hendri,berkaitan dengan rekrutmen ratusan anggota Pol PP Batam yang diduga sarat dengan ‘permainan uang alias suap’.

 

” penerimaan anggota Pol PP beberapa waktu ditenggarai dugaan suap,sebab itulah kita mendesak Kejari Batam supaya secepatnya memanggil dan memeriksa Kasatpol PP,Hendri,agar informasi yang beredar terkait dugaan suap ini dapat terungkap secara terang benderang “ ujar Ketua NCW Kepri,Mulkansyah , kepada media ini,Selasa (20/10) siang.

 

Ia menambahkan,proses rekrutment anggota Pol PP ini melibatkan banyak oknum,termasuk oknum dari DPRD Batam dan DPRD Provinsi Kepri.Menyikapi hal ini,Ketua NCW Provinsi Kepri bertekad akan melaporkan hal ini ke Kejaksaan Agung,jika Kejari Batam tidak secepatnya memanggil yang bersangkutan.

 

” kalau tidak ada tanggapan dari Kejari Batam, maka akan kita laporkan ke Kejaksaan Agung ” terangnya.

 

Aktivis antikorupsi Kota Batam ini mengegaskan bahwa didalam UU Tindak pidana korupsi (Tipikor) pasal 12 dengan tegas larangan pegawai negeri atau penyeleggara negara yang menerima hadiah atau janji,sedangkan hadiah dan janji itu untuk menggerakkannya melakukan atau tidak melakukan yang berkaitan dengan jabatannya maka ancamanaya cukup berat.

 

”  PNS atau penyelenggara negara yang terlibat suap ancaman pidana-nya hukuman penjara,paling singkat 4 tahun dan paling lama 20 tahun “ ucapnya.

 

Tidak hanya pidana penjara,namun yang bersangkutan juga dipidana dengan pidana denda yang cukup besar,yaitu , paling sedikit Rp. 200 juta rupiah dan paling banyak Rp.1.000.000.000; miliar rupiah n.” denda Rp.1.000.000.000; miliar bukan lagi angka yang kecil, mengenai dipecat atau tidak semua telah diatur didalam Undang-udang “ sambungya.(red)