Mantan Orang Nomor Satu di Riau Divonis 14 Tahun Penjara

oleh -10 Dilihat
oleh
potretkepri.com

PEKANBARU,potretkepri.com-Majelis hakim Tindak Pidana Korupsi [Tipikor] Pekanbaru,dalam sidang kasus korupsi PON Riau dan penyalahgunaan wewenang pada kasus hutan pelalawan yang digelar pada Rabu [12/3], menjatuhkan vonis terhadap terdakwa selama 14 tahun penjara,subsider enam bulan kurungan dan denda Rp.1 miliar rupiah.

Ditegaskan bahwa,Rusli Zainal,secara sah dan meyakinkan melakukan tidak pidana korupsi [TPK] tersebut  secara sadar dan terbukti melakukan pelangaran-pelanggaran hukum yang  pidananya dianggap  terpenuhi dan cukup.

Selain itu,orang yang pernah berkuasa di riau ini dituduh telah melakukan tindakan pemerasan terhadap beberapa perusahaan dan menerima uang ratusan juta rupiah untuk memuluskan penambahan anggaran PON  dari pemerintah pusat.

Sidang dengan agenda putusan itu,diketuai Bachtiar Sitompul dan didampingi dua orang anggotanya yaitu,Rachman Silaen dan I Ketut Suarta.

Jaksa,Komisi Pemberantas Korupsi,menuntut terdakwa untuk dihukum selama 17 tahun penjara.Namun,putusan majelis hakim,3 tahun lebih rendah dari tuntutan jaksa.[red]