Lion Air Beli CS300

oleh -25 Dilihat
oleh

Jakarta – Maskapai penerbangan Lion Air tertarik untuk membeli pesawat Bombardier CS300. Pesanan yang direncanakan sebanyak “dua digit” itu bakal diputuskan pada akhir tahun ini.

Dilansir dari Aviation Week, Lion Air dan Bombardier telah mengkonfirmasi bahwa telah ada pembicaraan mengenai pesanan tersebut. Namun, Lion Air belum memutuskan untuk membeli karena masih mempertimbangkan faktor-faktor seperti harga, tingkat dukungan pelanggan yang ditawarkan, dan apakah pembiayaan ekspor dapat diatur.

Lion Air juga menginginkan informasi lebih lanjut tentang apakah pesawat akan memenuhi efisiensi bahan bakar dan spesifikasi lainnya.

“Lion Air tertarik (dengan pesawat CSeries) karena kami pikir itu sebuah pesawat yang baik maskapai ini”sangat terkesan dengan apa yang (Bombardier) telah katakan tentang efisiensi bahan bakar,” kata Presiden Direktur Lion Air, Rusdi Kirana.

Beberapa media melaporkan, Lion Air kemungkinan akan memesan 160 unit pesawat. Namun, pihak Lion Air hanya mengatakan hanya berada pada kisaran “dua digit”.

Bombardier CS300 berpotensi digunakan pada rute panjang yang sempit, yang tidak memiliki lalu lintas yang cukup untuk sebuah Boeing 737. Rusdi mengatakan, Indonesia adalah negara yang sangat besar, sehingga pesawat itu mungkin akan digunakan untuk penerbangan domestik dan internasional.

Pesawat yang bakal dipesan juga akan mengisi kesenjangan ukuran dalam armada Lion, antara pesawat turboprop ATR 72 dan Boeing 737-800-an dan seri 900ERs. (net)